Sekali Melangkah Pantang Menyerah Sekali Tampil Harus berhasil

WELCOME TO MY BLOGSITE

Thursday, July 23, 2015

On 2:07 PM by Unknown   No comments

Tugas Pokok Brimob
Melaksanakan dan mengerahkan kekuatan Brimob Polri guna menanggulangi gangguan keamanan dalam negeri berintensitas tinggi, utamanya kerusuhan massa, kejahatan terorganisir bersenjata api, bom, bahan kimia, biologi dan radioaktif, serta bersama unsur pelaksana operasional kepolisian lainnya untuk mewujudkan rasa aman dan tentram masyarakat di seluruh wilayah yurisdiksi nasional RI.

Tugas Lain dari Brimob
Di turunkan ke wilayah tugas baik konflik bersenjata ataupun medan tugas lainnya contohnya adalah tugas SAR, dan perpolisian masyarakat.
Dalam penugasaan SAR Brimob mampu melaksanakan baik darat dan laut, sedangkan perpolisian masyarakat Brimob berperan aktif bersama masyrakat menjalin komunikasi  yang aktif dan bersahabat guna menciptakan situasi lingkungan yang aman, tertib dan bersahabat. Brimob juga aktif dalam kegiatan masyarakat contohnya dalam pelaksanaan giat bakti sosial di lingkungan mereka, salah satu contoh pembersihan sungai, dan bakti amal terhadap korban bencana.

Fungsi Brimob
Satuan pamungkas Polri yang memiliki kemampuan spesifik penanggulangan keamanan dalam negeri berintensitas tinggi dan penyelamatan masyarakat.

Peran Brimob
Melakukan manuver, baik secara individual atau dalam kelompok dengan daya gerak, daya tembak, dan daya sergap untuk membatasi ruang gerak, melumpuhkan, menangkap para pelaku kejahatan beserta saksi dan barang bukti dengan cara membantu, melengkapi, melindungi, memperkuat, dan menggantikan.

Strata kemampuan terdiri atas empat tingkatan.
1. Strata Kemampuan Brimob
Kemampuan dasar kepolisian, PHH, Resmob, Jibom, Wanteror dan SAR.
2. Strata Kemampuan Pelopor
Kemampuan Brimob Dasar plus kemampuan lawan insurjensi / Gerilya Anti Gerilya.
3. Strata Kemampuan Gegana
Kemampuan Pelopor plus operator Jibom, Intelijen, dan kemampuan penanganan bahan kimia,biologi,radioaktif.
4. Strata Kemampuan Instruktur
Kemampuan Gegana plus pengajaran dan pelatihan, serta pengkajian dan pengembangan.

4 Satuan Pusat
Satuan 1 Gegana > Penanggulangan Teror
Lima Detasemen
Detasemen A Reserse Intelijen Mobil
Detasemen B Penjinakan Bom dan Bahan Peledak
Detasemen C Perlawanan Teror
Detasemen D Anti Anarkis
Detasemen E Kimia, Biologi, Radioaktif

Satuan Pelopor > Pengendalian huru-hara, Reserse Mobil, operasi SAR, Otoritas untuk melakukan pengejaran terhadap pelaku gangguan keamanan berintesitas tinggi, SAR.
Satuan 2 Pelopor > Wilayah Barat
Empat Detasemen
Satuan 3 Pelopor > Wilayah Timur
Empat Detasemen

Satuan 4 Demlat > Demo dan Latihan
Unsur pelaksana utama yang menyelenggaran fungsi pelatihan Brimob Polri baik terpusat maupun kewilayahan dalam melakukan pelatihan mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga asistensi bimbingan teknis latihan

Untuk Sat Brimob yang di bawah kendali Kapolda, Hubungan Mako Korps Brimob Polri dengan Sat Brimobda hanya sebatas Pembinaan teknis menyangkut pemeliharaan dan peningkatan profesionalisme.

Semua anggota brimob dapat dan mampu melaksankan tugas SAR dan perpolisian masyarakat, fungsi dari Brimob sendiri berperan aktif dalam mewujudkan ketertiban dan keamanan masyarakat.

Wing komando, Terjun Para Dasar dan SAR Gurila (Gunung Rimba Laut alias SAR 3 matra)

0 comments:

Post a Comment